Sekilas Tentang OOP pada PHP
PHP pada awalnya hanyalah kumpulan script sederhana. Dalam perkembangannya, selanjutnya ditambahkan berbagai fitur pemrograman berorientasi objek. Hal ini dimulai sejak PHP 4. dengan lahirnya PHP 5, fitur-fitur OOP semakin mantap dan semakin cepat. Script yang menggunakan konsep object-oriented akan lebih cepat dan lebih efisien.

Postingan kali ini merupakan tugas matakuliah Pemrograman Web yang menggunakan PHP berbasis OOP, awalnya sih kurang paham dengan penjelasan dosen, setelah dicermati lagi, setelah ditela'ah lagi, setelah direview lagi dengan konsep OOP nya java, akhirnya paham dan bisa menerapkannya ke dalam pemrograman web. ini aplikasi sederhana, hanya membuat form input data diri menggunakan php yang berbasis OOP. langsung saja, pada contoh programnya biar jelas.
1. Tampilan form Input data dengan PHP
2. Tampilan Data yang sudah tersimpan pada tabel
3. source code untuk membuat form input dengan php
4. source code untuk koneksi ke database
5. source code untuk menyimpan data pada database
6. source code untuk menampilkan data
7. Semua source code diatas digabung dalam satu halaman Index.php berikut source halaman index
Sebelum membuat tampilan diatas, terlebih dahulu buatlah tabel biodata menggunakan sql, berikut contoh perintahnya:
itulah hasil karya saya, setelah begadang semalaman mencari petuah akhirnya selesai, tidak ada ilmu yang tak bisa diraih jika kita mau berusaha untuk belajar. semoga bermanfaat dan tetap semangat. sampai jumpa dipostingan berikutnya..

3 komentar:

  1. Makasih banyak buat infonya, berguna banget,
    Saya juga mau tanya, bagaimana caranya memasukkan database pada dua tabel, misalkan dalam biodata tersebut dicantumkan informasi tentang orang tua mahasiswa.
    Informasi tersebut di isi pada form yang sama dengan biodata mahasiswa tapi masuk ke tabel yang berbeda pada database yaitu misalnya tabel orangtua.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. gan kenapa programnya pada saat di jalankan tampilannya putih

    BalasHapus

 
Top